KRITIK PERTAMA SAYA ADALAH SIARAN DARI DARI RADIONYA ,KURANG BAGUS,SUARA TIDAK JERNIH,TAPI MUNGKIN KALAU YANG LAIN BAGUS YA RADIO SAYA YANG KURANG BAGUS>JADI KURANG BISA JELAS UNTUK DIDENGAR JUGA GAK NYAMAN...OK YA SUDAHLAH..SEKARANG YANG PENTING KITA COBA REVIEW KENBALI HASIL DEBAT TERSEBUT.
KURANG KONSENTRASI PADA PERTANYAAN PANELIS
SEBETULNYA DARI BEBERAPA PERTANYAAN PANELIS,MASING MASING BAKAL CALON BISA MENAGKAP ISU YANG PALING KRUSIAL DAN BISA MEMBERIKAN HARAPAN ATAU EKSPEKTASI MASYARAKAT AKAN PERUBAHAN KEDEPAN.DIMULAI DARI PERTANYAN TENTANG ISU GOOD GOVERNMENT DAN GOOD GOVERNANCE.DARI SANA SAJA BANYAK BAKAL CALON YANG KURANG MEMAHAMI APA ESENSI DARI KEDUA KONSEP TERSEBUT.PERLU DIKETAHUI BAHWA DARI KEDUA KONSEP ITU ADA YANG MEMBEDAKAN SECARA PRINSPIIL,KEMUDIAN BAGAIMANA AKAN DI IMPLEMETASIKAN.SEHINGGA MENURUT SAYA KALAU DARI KEDUA HAL TERSEBUT SUDAH KACAU BALAU DAN LUCU.MAAF KITA MULAI DARI PASANGAN PIFIK DAN SWATINAWATI BAHKAN AGAK BELEPOTAN DAN SEPERTINYA KURANG FAMILIAR DENGAN ISTILAHNYA SAJA,AKIBATNYA SUBSTANSINYA TIDAK KENA.PASANGAN BERIKUTNYA WI DI,HANYA TERMINILOGI TERMINOLOGI ,MESKI MAMPU SEDIKIT KRITIK TERHADAP HASIL YANG SELAMA INI DIBANGUN INCUMBENT,YAITU TENTANG MASIH BANYAKNYA PENGANGGURAN DAN KEMISKINAN,PADAHAL SEBETULNYA MASIH BANYAK ISU YANG LEBIH TAJAM UNTUK MENYERANG/KRITIK KEPADA INCUMBENT SEPERTI ISU REFORMASI BIROKRASI.KEMUDIAN GILIRAN INCUMBENT YANG NOTABENE LEBIH DAHULU MENGENAL LAPANGAN,TAPI JUSTRU YANG DISODORKAN ATAU DIPAMERKAN KEBERHASILAN YANG KURANG MENGGIGIT,SEPERTI PELAYANAN KTP SATU PINTU,DAN DITAMBAH LAGI GRAND STRATEGY YANG DIA ISTILAHKAN DENGAN MANAJEMEN PRODUK,BRANDING DAN CUSTOMERS...HAL INI OKE OKE SAJA,TAPI INI KURANG COCOK KALAU UNTUK MENGATASI PERMASALAHAN PUBLIK..PERSEPSINYA HANYA SEPERTI BISNIS SWASTA SAJA.
PADAHAL PROGRAM PROGRAM YANG PRO POOR MESTINYA DIMUNCULKAN.SEHINGA KETIKA SELESAISESI PENYAMPAIAN KONSEP YANG WAKTUNYA JUGA SANGA MEMPET ITU MEMBUAT KECEWANYA PARA PENANYA,SEPERTI MENGAPA ISU REFORMASI BIROKRASI,ISU KORUPSI ATAU ISU BIROKRASI YANG TRANSPARAN KURANG BAHKAN TIDAK MUNCUL SAMA SEKALI.DI INDONESIA INI JUGA DIDAERAH,MASALAH MAFIA MAFIANAN SEDANG MARAK MARAKNYA,MAKA SEHARUSNY BISA EMPATY KESANA.INGAT RAKYAT ITU MAU DAN TAHUNYA ADALAH THE REAL PROGRAM YANG BETUL BETUL MENYENTUH KEPENTINGANNYA...SEHINGGA SEMULA VISI DAN MISI YANG DITUNGGU,TAPI YANG KITA RASAKAN HANYA SEBUAH OBSESI DAN ISU YANG DISAMPAIKAN ITU SUDAH KLASIK DAN SEBENARNYA RAKYAT SDAH TIDAK PERCAYA LAGI.
IDENTIFIKASI LINGKUNGAN STRATEGIS SANGAT PERLU
KANDIDAT ITU HARUSNYA SUDAH BISA MENJARING LINGKUNGAN STRATEGIS YANG BISA DIPAHAMI DAN DIBUTUHKASN RAKYAT...BERANGKAT DARI SANA MUNCULKAN INDIKASI PROGRAM PROGRAM STRATEGIS YANG PRO RAKYAT...KITA MASIH BERANGKAT DARI NOL SEBENARNYA,PEMBANGUNAN FISIK YG SEKARANG SUDAH ADA JANGAN TERLALU DIBANGGAKAN,KALAU MENURUT SAYA PROYEK PROYEK FISI YANG ADA SEKARANG INI BANYA K YANG TIDAK RECOVERY,IMPLIKASINYA APA ???..KEDEPAN KALAU APBD MASIH SEPERTI INI PENAMPILANNYA JUSRU AKAN MEMBERATKAN.
OKE ,KALAU DEBAT KEMARIN MASIH DIANGGAP PEMANASAN,DEBAT ATAU LEWAT KAMPANYENYA NANTI,BERIKAN JANJI YANG BENAR BENAR REAL.DAN BAGI INCUMBENT SAYA MENGKRITIK,BANYAK KEBIJAKAN YANG TIDAK DILALUI DENGAN KAJIAN DAN PROSES YANG PARTISIPATIF,BANYAK PROYEK PROYEK YANG ASAL NYONTEK DARI NEGERI LAIN YANG SUDAH JELAS BEDA DARI BBERAPA ASPEK,SEPERTI BUDAYA MASYARAKAT,CONTOH CITY WORK DSB...NTAYATANYA PKL MASIH MARAK DISANA,APALAGI RENCANA BRT...COBA SAJA..TUJUAN MOVE PEOPLE NOT CAR,SAYA BERANI BERTARUH TAK AKAN BERHASIL,DAN JUSTRU AKAN MENAMBAH KEMACETAN.BUDYA SLOGAN TADI ITU PERLU PEMBUDAYAAN,DAN YANG LEBIH PENTING ADALAH IMPLIKASI EKONOMI POLITIKNYA
PEESAN BAGI RIVAL INCUMBENT
KENALI SNGGUH PROBLEMATIK YANG REAL TENTANG SOLO YANG TENTUMYA ADALAH YANG BERPIHAK PADA KESEJAHTERAAN RAKYAT....ITU DULU,NANTI AKAN SECARA OTOMATIS AKAN ADA MULTIPIER EFFECTNYA...WUJUDKAN EKSPEKTASI BAGI MASYARAKAT SECARA EKONOMI.TUMBUHKA DAN BUDAYAKAN EKONOMI KREATIF TERHADAP RAKYAT YANG DI INTERVENSI OLEH KEBIJAKAN PEMERINTAH....TINGGALLKAN MEMANJAKAN MASYARAKAT YANG SEBENARNYA JUSTRU TIDAK MENDIDIK UNTUK KERJA KERAS.
MAMANJEMEN BRANDING ITU HARUS BERJAKLAN BESAMAAN DENGAN KONDISI YANG AKAN DI BRAND .OUTPUTNYA SEHARUSNYA SUDAH MENGARAH PADA POSITIONINGNYA,SEPERTYI YOGYA,BALI DSB.AMIEN.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar